Hallo Mitra Explore,

Banten bukan hanya Tangerang Raya atau Serang saja. Sebagai provinsi di Tatar Pasundan, Banten sendiri mempunyai cakupan wilayah yang cukup luas. Dari keluasan wilayahnya itu, jangan heran kalau Banten juga mempunyai banyak destinasi wisata, tidak hanya Pantai Carita, Anyer dan Karang Bolong saja. Jangan juga memandang Banten sebelah mata hanya karena wilayahnya ada di ujung barat pulau Jawa.

Provinsi Banten yang terbentuk tahun 2000 hasil pemekaran dari Provinsi Jawa Barat tidak kalah dengan provinsi lain yang dianugrahi keindahan alam. Salah satunya Curug atau air terjun yang ada di Pandeglang, yaitu Curug Putri.

Curug Putri adalah destinasi tersembunyi di Pandeglang. Belum banyak wisatawan yang tahu keberadaan Curug Putri ini. Selain lokasinya yang memang masih cukup sulit dijangkau, keberadaan objek wisata dengan nama yang sama membuat wisatawan bingung. Yaa, di Pandeglang ada dua Curug Putri, yang pertama berada di Kecamatan Pulosari dan yang kedua ada di Carita.

Curug yang dikenal dengan sebutan The Little Green Canyon ini terletak di daerah Carita atau tepatnya di dalam kawasan Taman Hutan Raya alias Tahura Kabupaten Pandeglang. Tahura ini baru saja diresmikan pada bulan Agustus 2013 silam. Di dalamnya terdapat beberapa tempat wisata, selain Curug Putri ini ada juga Curug Gendang dan Cadas Ngampar.

Curug Putri bukan hanya sekedar tebing tinggi dengan aliran air yang jatuh di kolam atau sungai di bawahnya. Titik keindahan dan daya tarik Curug Putri ini justru ada pada sungai dibawahnya. Di mana sungainya mengalir di antara himpitan tebing batu tinggi yang berkelok-kelok.

Karakteristik seperti ini lah yang membuat Curug Putri layaknya The Little Green Canyon Pangandaran. Untuk bisa sampai di bawah air terjunnya, kita harus menyusuri sungai yang diapit tebing batu. Sebuah sensasi tersendiri bagi para wisatawan.

Ada petugas yang akan memandu menyusuri sungai yang mencapai 5 sampai 7 meter di bagian sungai pertama, dan 10 sampai 15 meter untuk bagian ke dua. Semakin mendekati air terjun, tebing batu ini pun semakin menyempit. Membuat kita bisa benar-benar merasakan dinginnya batuan tebing.

Tebing-tebing setinggi 5 sampai 7 meter yang berkelok mengapit aliran sungai menjadi spot utama para pengunjung untuk berfoto. Mulai dari lekukan tebing yang sempit tapi tetap cantik, gradasi warna antara tebing dengan sungai yang masih jernih, sampai rimbunan hijau di sekitarnya.

Dengan disuguhi pemandangan dan keindahan alam yang mempesona, ditambah segarnya air di Curug Putri, lelahnya kita menuju Curug Putri terbayarkan. Terasa ingin berbetah-betah menikmati surga kecil berjuluk, The Little Green Canyon.

Pariwisata Angkat Ketertinggalan Pandeglang

Pembangunan kepariwisataan diarahkan pada peningkatan peran pariwisata dalam kegiatan ekonomi melalui penciptaan lapangan kerja dan kesempatan berusaha dengan tujuan meningkatkan penerimaan devisa dan pendapatan masyarakat.

Upaya pemerintah daerah dalam melakukan pengembangan dan pendayagunaan berbagai potensi kepariwisataan daerah selama ini masih terkendala dengan buruknya infrastruktur jalan yang menjadi akses ke daerah tujuan wisata.

Sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Banten, kegiatan pariwisata di Kabupaten Pandeglang cukup potensial untuk menunjang pembangunan daerah. Perkembangan sektor pariwisata dapat dilihat melalui jumlah kunjungan wisatawan ke objek wisata yang ada di Kabupaten Pandeglang.

Dilansir Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Pandeglang, tercatat jumlah wisatawan yang berkunjung ke sejumlah objek wisata di Kabupaten Pandeglang selama tahun 2014 sebanyak 805.764 orang. Angka ini turun dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisatawan pada tahun 2009 yang mencapai angka 1.346.444 orang.

Keunggulan geografis Kabupaten Pandeglang merupakan salah satu aset yang diharapkan bisa dioptimalkan pemanfaatannya. Tidak melulu pantai, Pandeglang juga memiliki daerah pegunungan yang kaya akan potensi wisatanya.

Selain bidang pertanian dan perikanan, Pemerintah Kabupaten Pandeglang menjadikan pariwisata sebagai sektor andalan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Dengan ditetapkannya Tanjung Lesung menjadi salah satu dari sepuluh destinasi wisata prioritas, melalui Tanjung Lesung peluang objek wisata Pandeglang menjadi wisata unggulan terbuka luas.

Dengan 256 potensi dan destinasi wisata yang dimiliki Kabupaten Pandeglang diharapkan mampu membuka peluang besar bagi potensi dan destinasi wisata di Pandeglang menjadi wisata unggulan, tak hanya menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal, namun wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Provinsi Banten.

Ditambah lagi dengan keberagaman seni dan budaya yang menjadi kearifan dan muatan lokal, plus dengan bermacam kulinernya, Pandeglang bisa memanfaatkan potensi wisatanya untuk mengangkat ketertinggalannya.

Sumber : http://kemendesa.go.id